Distro Linux dari Indonesia

Linux adalah sistem operasi yang bebas.Dari bebasnya inilah lalu muncul berbagai macam distro ( baca : distribution).Jika dihitung-hitung sekarang ada lebih dari 400 an distro (update:tahun 2010 lebih dari 600 distro) yang ada.namun yang eksis (lihat distrowatch.com) hanya seratusan .(gila hanya 100 emang itu gak banyak doel?)


Sayangnya, setelah saya cek diwebsite tersebut, Ternyata tidak ada satupun distro dari indonesia. (update :Saat ini beberap distro Linux sudah terdaftar di distrowach.com) Kalau kita mau ngecek sudah banyak distro yang ditelurkan diindonesia sebut saja Trustik Merdeka ,linux Sehat, Komura sampai IGOS linux dan Blankon( yang ternyate cuma life CD knoppix yang di modifikasi ,tapi mending lah :D)namun mengapa tidak di list disana ya?apa tidak ada pemakainya ? yang terakhir ini yang saya takutkan. Jangan-jangan gak ada yang makai lagi (dan kenyataannya, ditahun 2010 ini pemakainya sangat sedikit).

kalau pemakai linux ditanya: "kenapa gak pakai distro lokal?" saya sendiri kurang tahu, lha wong saya saja memakai Slackware kok :D . Setelah dilacak lagi, saya menemukan distro buatan "mas Dani " namnya apa ya?XNUXER .selelah saya "berkeliaran" di wikipedia saya juga menemukan satu distro lagi dari indonesia namanya mentopiX namaun dari sekian anyak distro ini kenapa kok "tidak " laku ? ada yang tahu?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Ciri ciri File Virus

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page

Defraggler: Tool untuk merapikan File di hardisk