ReactOS :Kesan Pertama

  
Siapa orang yang tidak kenal dengan windows.OS ini memang luar biasa terkenal dan sebagian orang bahkan menganggap belajar komputer = belajar windows. Namun sekarang ini mulai banyak sistem operasi baru bermunculan,satu diantaranya adalah ReactOS.

  ReactOS adalah implementasi dari windows oleh gerakan Opensource.Tujuan utama dari ReactOS adalah membuat "clone" windows sehingga driver dan aplikasi windows bisa di jalankan disistem operasi ini. ReactOS beralamat di www.reactOS.org ,disini kita bisa mendapatkan reactOS dalam berbagai versi yang sudah siap download.Pilihan yang ada adalah liveCD,Installasi ,ReactOS prebuilt dengan Qemu (virtual PC) dan reactOS source Code. Setelah saya download dan saya coba (versi yang saya download adalah versi 0.3-RC1 ) dengan VirtualPC microsoft ,OS ini berjalan lancar,hanya cukup lambat karena memorinya saya set 32 MB dan driver kartu grafis yang masih menggunakan VESA ,ini adalah ReactOS dalam bentuk ISo-live ,setelah berhasil dengan live maka saya mencoba dengan menginstall OS ini kedalam virtualPC dan akhirnya berhasil,hebatnya lagi gaya instalasinya mirip gaya instalasi windows XP,cuma saya belum tahu cara memasang software tambahan. 

  setelah puas dengan metode virtual,akhirnya saya berusaha menginstall ini di Real Hardware,sayang Hardisk 210 MB yang saya siapkan membuat PC tidak mau booting ,akhirnya saya ambil keputusan dengan menginstall ke drive D fat32, instalasi ini gagal karena system tidak bisa menulisi MBR dan meninstall freeloader,bootloader versi ReactOS. setelah itu saya coba menginstall ke hardisk C dimana windows "bersemayam",akhirnya saya mengambil keputusan "berani" dengan menghapus C dan memformat menjadi fat32 dan akhirnya saya berhasil menginstall ReactOS.namun NToSkernel error dan sistem gagal diboot ,penyebabnya adalah karena UDMA dibios di disabled .Setelah UDMA di enable sistem bisa diboot secara normal. Instalasi sukses akhirnya reactOS bisa berjalan dengan Real hardware namun amat sisayangkan sistem ini belum stabil,diantara efek efek yang terlihat semisal secara tiba tiba komputer restart (kemungkinan kernel reactOS belum stabil.tidak semua file exe windows installer bisa dijalankan dan beberapa bug lainnya 

  Sistem berjalan cukup lambat walaupun dengan hardware yang cukup memadai.Hal yang lain adalah banyaknya bagian bagian windows yang belum diimplementasikan seperti pencarian file,control panel yang belum sempurna dan beberapa kekurangan lainya bagaimananapun usaha ini bisa dikatakan luar biasa,jika versi final release keluar mungkin akan banyak aplikasi dan driver yang cocok dan tidak "rewel " bila dijalankan.kita tunggu saja ... The (free) Windows Reborn !

update :3 Mei 2012

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Ciri ciri File Virus

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page

Defraggler: Tool untuk merapikan File di hardisk