Widgets

Berbicara mengenai widgets,Pikiran kita akan tertuju pada dua hal,yang pertama adalah library Untuk pengembangan GUI dan yang kedua adalah aplikasi kecil yang terlihat cantik di desktop dengan fungsi yang spesifik.


untuk Kali ini kita kan membicarakan tentang widget dalam arti yang kedua,sebuah aplikasi web yang mempunyai fungsi tertentu yang "berbusana" indah.jika anda pernah memakai Konfaburator --sekarang bernama Yahoo! widgets,atau Widget di macOS X ataupun Opera 9,bisa dipastikan anda tahu tentang hal ini.


hal yang menarik dari widget adalah keindahannya serta keterintegrasian dengan webservice atau layanan tertentu di web.Ada banyak aplikasi yang bisa kita buat dengan widget,misal seperti jam ,calendar,layanan RSS ,layanan informasi cuaca dan layanan informasi yang sangat bermanfaat.Walupun widget umumnya dirancang untuk megambil informasi dari website tertentu ,bukan berarti widget ini menjadi tidak berguna jika kita sedang ofline.Banyak sekali widget yang dibuat untuk keperluan yang tidak tergantung pada website tertentu seperti menampilkan informasi system(prosesor,memori dll) dan menampilkan informasi tanggal dan waktu atau sekedar menjadi aplikasi penampil gambar atau text editor sederhana.

hal yang patut disayangkan adalah ketidak portabilitasan dari widget yang kita buat tergantung dari engine yang kita pakai.Misallkan kita memakai Opera,maka widget kita dtidak bisa berjalan diengine lain,padahal teknologi yang dipakai oleh masing masing engine tersebut sama yiatu javascript,XML,CSS,html dan file image jika diperlukan,mungkinkah nanti muncul widgets yang universal ,tidak bergantung pada Engine atau platform tertentu ? Kita tunggu saja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page

Ciri ciri File Virus

Defraggler: Tool untuk merapikan File di hardisk