Mengapa Adopsi linux di Indonesia lambat?



Linux adalah sistem operasi yang sekarang bukan lagi menjadi alternatif,namun sejajar dengan sistem operasi lain,baik di desktop maupun di server.namun perkembangan linux di indonesia sepertinya begitu tersendat sendat,ada apa gerangan?
Ada beberepa alasan yang membuat lambatnya perkembangan linux di indonesia,berikut beberapa kendala yang penulis himpun.

1.Kurangnya sosialiasi
Linux kurang di kenal masyarakat luas karena sedikitnya sosialisasi yang dilakukan oleh orang-orang yang berkecimpung didalamnya.seandainya seandainya pun ada sosialisasi,terkesan terlalu teknis dan jlimet sehingga pantas jika pemakai linux masih sedikit,terutama dikalangan end user.

2.Ketergantungan dengan sofware bajakan
Ini adalah salah satu faktor utama mengapa linux lambat untuk diadopsi dimasyarakat,bahkan dilingkunan pendidikan bahkan perguruan tinggi.kebanyakan dari kita tidak suka mempelajari sesutu yang baru,kita cenderung lembam..ini teorinya newton bahwa segala sesuatu akan mempertahankan kondisinya yang sekarang dan cenderung untuk melawan perubahan. Kita sudah begitu nyaman dengan software bajakan.Anehnya baru kalau ada isu sweeping kita baru cepat-cepat pindah ke linux ,sayangnya hal ini dilakukan untuk masa yang sebentar,isu sweeping selesai,kita balik lagi deh. ke bajakan..dasar manusia..

3.Tidak adanya dukungan resmi
satu kelebihan dari software propitery seperti windows adalah adanya dukungan teknis resmi dari perusahaan.perusahaan akan melakukan dukungan untuk menambal bug,mengupdate, dan menambahkan feateru baru.sedangkan di linux untuk mendapatkan support kita hanya bisa mengandakan dukungan komunitas,jika ada dukungan dari vendoer distro (semacam redhat) kita disuruh membeli layanan support yang mahal.waduh …repot betul :D

4.sedikitnya buku/web tentang linux.
Mungkin banyak diantara kita yang akan protes dengan alasan ini,batapa tidak.bukankah buku linux (dan juga website) sudah begitu banyak di indonesia.jawabnya ya!Namun tidak ada /jarang suatu buku dan website) yang membahas linux secara mendasar dan mampu mengubah pola pikir sipembaca agar meninggalkan software bajakan.

5.Tidak suka bahasa inggris
ini kesalahan fatal dan merupakan kelemahan yang sangat sulit untuk diperbaiki,sebagian besar dari kita lebih senang membaca buku buku lokal dan website lokal.yang notabenenya juga diambil dari referensi asing.dan sedikitnya kemauan kita untuk membaca dan terus belajar linux

Iitulah alasan alasan yang membuat linux tidak populer diindonesia.Linux umumnya hanya populer di kalangan geek,tukang ngoprek,admin jaringan dan para nerd dan adanya mitos bahwa linux itu sulit sepertinya sudah mendarah daging.jadi begitu susah untuk mengubah pola pikir sebagian besar pemakai komputer di indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Ciri ciri File Virus

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page

Defraggler: Tool untuk merapikan File di hardisk