Computer Network First Step


Judul :Computer Network First Step
Penulis :Wendell Odom
Penerbit :Cisco Press /Andi (terjemahan indonesia)
Tebal Halaman :xxxiv + 603
Apakah anda tertarik dengan Jaringan komputer dan bingung mencari buku yang bagus untuk belajar (konsep) jaringan? Jika Ya, maka buku ini sangat cocok bagi anda. Buku ini berisi penjelasan tentang jaringan namun dikemas dan disajikan untuk para pemula jaringan. Karenanya, Buku ini ditulis dengan bahasa sederhana dan penuh dengan perumpamaan dengan hal yang biasa kita temui sehari-hari. Perumpamaan itu misal, jaringan dianggap jalan dan proses pengiriman email diasumsikan dengan pengirman surat di kantor pos. Buku ini terdiri dari 5 bagian yang terbagi lagi menjadi 18 Bab ditambah 2 Lampiran.


Buku ini ditulis oleh Wendell Odom, Seorang yang telah bertahun-tahun bergelut dengan Router Cisco dan menjadi Instruktur bagi orang yang ingin mengambil sertifikasi Cisco. Walapun penerbit asli buku ini adalah CiscoPress namun buku ini tidak membahas tentang bagaimana mengkonfigurasi jaringan atau menseting router Cisco itu sendiri. Buku ini lebih menekankan tentang apa itu jaringan, bagaimana jaringan dibangun dan bagaimana jaringan bekerja. Sebagai catatan penting, buku ini bukan buku tutorial untuk membuat jaringan.
Kelebihan buku ini dibanding dengan buku lain adalah banyaknya diagram jaringan yang representatif sehingga mudah dipahami disertai penjelasannya. selain itu, si penulis tidak langsung membahas jaringan secara teknis, namun bertahap dengan dimulai dari analogi jaringan yang disampaikan dengan bahasa sehari-hari dan secara bertahap masuk kedalam hal-hal teknis jaringan, namun tetap menggunakan bahasa yang mudah dan mengalir.

Walaupun penulis buku ini menyatakan bahwa buku ini cocok untuk semua orang, namun hal itu tidaklah sepenuhnya benar. Mungkin untuk bab-bab awal hal itu benar, namun ketika sudah memasuki halaman tengah sampai akhir, bagi pembaca yang tidak mengerti jaringan sama sekali apalagi yang belum pernah mengenyam mata kuliah jaringan bisa "keteteran" untuk mengikuti pembahasannya. Ditambah lagi, karena ini buku terjemahan, kadang si penterjemah tidak konsisten dalam menerjemahkan istilah. Ada istilah yang tetap seperti asalnya di halaman tertentu namun istilah ini kadang diterjemahkan kedalam bahasa indonesia dalam halaman lain. Bagaimanapun juga, buku ini sangat bagus untuk dibaca dan dibeli. saya sendiri membaca buku ini semalaman dan saya teruskan pagi harinya. Bagi saya, buku ini seperti novel yang ingin terus kita baca sampai bagian akhir cerita. Selamat membaca!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page

Ciri ciri File Virus

Defraggler: Tool untuk merapikan File di hardisk