Tingkatan dalam belajar Web

Web adalah salahsatu topik yang sekarang banyak diminati oleh semua orang, dari hanya sekedar pemakai internet, penulis blog sampai seorang Programmer profesional. Banyak diantara Programmer dan pengembang aplikasi sekarang pun melirik web sebagai salah satu platform yang menarik untuk mengembangkan aplikasi. 

Masalah pertama yang terjadi adalah bagaimana langkah urutan dan tingkatan dalam belajar web? 

Karena web dibangun dengan berbagai macam teknologi yang cukup komplek, kebanyakan pemula akan bingung darimana akan mulai belajar. Berikut ini akan saya rekomendasikan langkah langkah belajar pemrograman web untuk pemula dimana materi saya ambil dari artikel Programmer 101: Teach Yourself How to Code

Tingkat Dasar :HTML +CSS

Jika anda ingin membuat website atau ingin mengetahui pondasi bagaiman website dibangun, maka HTML dan CSS adalah dua bahasa yang wajib anda kuasai. Memang, saat ini banyak tool yang memudahkan kita dalam pembuatan website seperti Macromedia Dreamweaver tanpa kita perlu tau kode HTMLnya ataupun CMS dan blog yang kita bisa langsung memakainya. Namun, jika anda ingin menjadi programer profesional, mulailah belajar dari awal. Cukup gunakan Notepad atau sembarang editor dan Browser (misal firefox). Sedangkan  tempat belajar diinternet yang menawarkan tutorial singkat, jelas namun lengkap bisa anda buka di http://www.w3schools.com

Tingkat II : Javascript /DHTML/AJAX
Setelah anda cukup mahir dengan dasar HTML dan CSS, maka sudah saatnya anda melanjutkan teknologi web yang lain yaitu Javascript. Javascript adalah pondasi untuk Ajax. Fungsi javascript cukup banyak, diantaranya memvalidasi form, menampilkan animasi tampilan , membuat game dan lain sebagainya. 

Tingkat III: Server side Programming + Database
Sekarang anda cukup mahir dengan teknologi HTML+CSS+Javascript yang merupakan fondasi dasar web,namun apakah itu cukup? ternyata tidak, ketika anda ingin membuat website yang bisa mengambil data dari database (seperti data barang, guestbook dll) anda harus (minimal) menguasai satu bahasa pemrograman server. Diantara bahasa pemrograman server yang cukup populer adalah PHP, Python, Ruby, Asp dan JSP/Servlet. Saya menyarankan anda cukup mempelajari 1 saja, misal PHP, anda tidak perlu belajar teknologi lain karena bahasa server side  saling menggantikan dan mempunyai fungsi yang sama. Saya sendiri menyarankan anda mempelajari PHP. PHP adalah bahasa yang sederhana, free dan mudah dipahami. anda juga bisa belajar PHP di http://www.w3schools.com. Sedangkan untuk menyimpan data diserver, anda bisa memilih mySQL dimana database ini sudah terbukti mampu menangani aplikasi web. Bahkan website sekelas wikipedia pun memanfaatkan mySQL sebagai backendnya.

Tingkat IV : Web API 
Sebenarnya, belajar web sampai tingkat 3 pun sudah cukup untuk membekali anda dalam proses pembuatan website berskala besar sekalipun, namun dalam era web2.0 sekarang ini, anda sangat disarankan belajar tentang web API.Web API secara mudah bisa  kita katanan bagaimana memanfaatkan fungsi atau fasilitas pihak ketiga (dalam artian website lain) didalam aplikasi/website kita. sebagai contoh dasar, bagaimana cara memasukan peta Google Map ke website kita?, atau bagaimana cara agar orang lain bisa memberi komentar di website kita dengan account facebook? nah itu semua memerlukan pemahaman tentang Web API.

Demikian dulu, tulisan singkat ini semoga bisa bermanfaat bagi anda. Jika anda ingin membaca artikel tentang bagaimana mulai memprogram anda sarankan membaca Programmer 101: Teach Yourself How to Code. Sebuah artikel yang sangat bagus dari lifehacker.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page

Ciri ciri File Virus

Defraggler: Tool untuk merapikan File di hardisk