Menyiasati Usaha Warnet di Era Internet Murah

Akhir-akhir ini, kita sering melihat banyaknya tawaran internet murah dari Seluler ataupun dari Telepon Murah speedy, Ini belum ditambah dari ISP dan RT/RW net dan Hotspot gratis  yang makin marak di perkotaan sehingga hal ini jelas jelas mengurangi omzet warnet dan sekaligus ancaman. 


Pertanyaanya adalah? apakah usaha warnet masih menjanjikan dengan banyaknya saingan (Bukan dari warnet lain). Jawabannya masih!. Namun tentunya ada berbagai cara dan strategi agar usaha warnet tetap bertahan dan berkembang. Diantaranya



 
Memberi fasilitas  hotspot di Warnet

Saat ini, Notebook sudah bukan lagi barang mewah.  sebagian  mahasiswa dan kalangan umum mempunyainya. Ini juga merupakan lahan baru. umumnya Mahasiswa akan membawa notebook kemanapun dia pergi, nah dengan memberikan layanan hotspot, mereka bisa memakai Notebook mereka sendiri saat berinternet ria diwarnet. Tentunya dengan tawaran paket  atau harga yang lebih murah dibanding tarif normal warnet. 

Membangun RT/RW Net
diatas sudah disinggung bahwa salah satu saingan usaha warnet adalah RT/RW net, Nah tentunya dengan sumber daya yang ada, Warnet juga bisa menawarkan hal yang sama. dengan seperti ini , maka warga  lingkungan disekitar warnet bisa mengakses internet dari rumah mereka masing masing. Tentunya hal ini selain menambah pemasukan juga berguna  untuk mengoptimalkan penggunaan bandwidth agar tidak sia sia. 

Memberikan voucher diskon/Paket 
sebagian pengguna warnet adalah orang orang yang sudah kecanduan internet dan  facebook ;p. mereka rela berjam jam dudukdidepan komputer untuk chating, facebook, download dll. nah para pengguna ini adalah para netter setia yang seharusnya kita manjakan. Misal dengan memberikan diskon jika mereka akses internet minimal sekian jam,atau memberikan paket voucher akses gratis  dan atau memberikan akses paket sekian jam. Umumnya hal ini sudah banyak diterapkan di warnet warnet.

Membuat kartu anggota 
Keanggotaan, tujuan utamanya adalah mengikat pelanggan. minimal dengan adanya anggota, kita bisa tahu berapa banyak customer loyal kita. tentunya agar orang tertarik untuk menjadi anggota harus ada fasilitas lebih untuk anggota. misal jika user biasa akses internet perjam 3000, maka untuk anggota 2.500/jam. ini hanya sekedar contoh.

Menambah Layanan /fasilitas Warnet
Tujuan utama warnet adalah untuk akses internet, itu pasti, namun itu saja tidak cukup, jika anda ingin User betah di warnet, anda harus memberikan layanan ++ (positif thinking ya) , misal dengan menyediakan update antivirus terbaru, sofware terbaru, atau film film terbaru, sehingga user betah di  Warnet. 

Meningkatkan Pelayanan 
Salah satu hal yang membuat pelanggan betah bukan saja dari Kelengkapan dari fasilitas warnet dan Kecepatan Bandwidth, tapi juga seberapa baik pelayanan dari Operator warnet itu sendiri. hal yang paling penting dalam hal pelayanan adalah , kecepatan dalam hal tanggap jika user minta tolong atau minta bantuan. Termasuk disini adalah kebersihan tempat dan kenyamanan.

Minta Feedback/ Saran /kritik dari user (dan tanggapi) 
Pembeli adalah raja dan kostumer adalah BOSS., nah ini mungkin sudah menjadi kalimat yang sering kita dengar. Makanya kalau kita tau kostumer adalah boss maka usahakan agar Si BOSS merasa senang dengan kita, menanggapi permintaan dari boss adalah hal penting. kita bisa minta saran dari user tentang kekurangan di warnet kita dan apa yang mereka minta. Jika hal itu dilaksanakan saya yakin pelanggan   makin loyal dengan kita dan kemungkinan pelanggan bertambah yang artinya warnet bisa terus berkembang.

Relokasi tempat
jika berbagai cara diatas juga kurang mempan dan tidak mumpuni, sudah saatnya anda memikirkan relokasi usaha warnet anda, hal ini karena  di perkotaan warnet sudah menjamur dan Hotspot sudah ada dimana mana, cara termudah Agar tetap bertahan adalah merelokasi tempat. Carilah tempat yang agak "Minggir" dari perkotaan. dengan seperti ini maka masih ada lahan segar dan menjanjikan untuk warnet. Misalkan mendirikan warnet di dekat SMA/SMP di pinggir kota atau di level  kecamatan, bukan Level kota besar seperti Yogyakarta misalnya. 

Sekian, semoga artikel kecil ini bermanfaat. 

Komentar

gawuks mengatakan…
mantap, szecara warnet gw mau game over gara gara sepi...

Postingan populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page

Ciri ciri File Virus

Defraggler: Tool untuk merapikan File di hardisk