Aplikasi Wajib di Komputer Warnet


Warnet adalah  tempat yang paling banyak di pakai untuk mengakses informasi sekaligus tempat untuk   bekomunikasi lewat jejaring sosial. Jika anda ingin mendirikan warnet atau anda adalah admin baru di warnet maka sudah seharusnya anda tahu aplikasi wajib apa yang harus di iinstall. Disini saya akan menampilkan daftar aplikasi wajib yang harus di install. Karena kebanyakan warnet memakai OS Windows maka daftar ini hanya berlaku bagi warnet Windows.  Sebagain besar aplikasi di warnet adalah aplikasi free dan opensource sehingga anda tidak perlu khawatir untuk membeli lisensi tambahan. 

Browser.
Aplikasi wajib yang harus ada di Warnet adalah browser. Browser yang harus ada adalah Google Chrome, Firefox, Internet Explorer 9, Opera dan Safari.Jangan lupa plugin Java Runtime, Flash, silverlight dan Adobe Air dan .NET Framework. Biar hemat bandwidht dan loading lebih cepat pake plugin AdBlock di Firefox dan Google Chrome.Adblock  adalah ektensi  yang berfungsi untuk memblokir  iklan.  

Messenger & Chat
MiRC, Yahoo Messengger, Skype wajib di install dan jangan lupa Skpe. Karena MiRC adalah shareware, saya menyarankan anda menginstall X-Chat yang free.Jika anda ingin yang lebih lengkap, install saja pidgin Messenger. Dengan satu aplikasi, user bisa masuk ke berbagai jaringan Messengging seperti Yahoo, Facebook, AOL dan MSN tanpa perlu banyak install aplikasi.

Office Suite
Jika anda tidak mau kena lisesensi tambahan, Gunakan OpenOffice atau LibreOffice. 

Antivirus
Ada banyak antivirus diluar sana, saya sendiri lebih memilih AVG dan Smadav. Agak paranoid memang, memasang dua antivirus. Namun ada alasan utama mengapa saya memasang dua, yaitu AVG untuk virus dunia dan smadav untuk menghantam virus lokal. 


Proteksi Windows
Untuk memproteksi  Windows, gunakan saja Deepfreeze, Winlock, antiExe dan fitur bawaan billing client untuk mendisable RUN, CMD, control panel atau untuk menyembunyikan Drive. Deepfreeze dan AntiExe adalah pasangan yang tepat, deepfreze akan mengembalikan seting ke seperti semua setelah reboot dan antiexe akan memblok setiap aplikasi (termasuk) virus yang (akan) diinstall oleh user.


Multimedia
Install VLC, KLite Mega Codec, iTunes, dan jangan ketinggalan, Media player sejuta umat Winamp.

Thema
Biar ga bosen dengan tampilan windows, ganti saja themanya dengan Tuneup stylezer, atau Windows Blind. resikonya, loading windows anda akan terasa lambat jika anda memakai RAM dibawah  1 GB.

Lainnya?
Beberapa tool lain yang wajib di install adalah Google Earth, Youtube downloader dan Picasa, ingin lebih lengkap, install Inkscape dan GIMP untuk editing foto dan gambar. Selain tool diatas, minta feedback dari user bisa lewat email, facebook group atau SMS, karena setiap lokasi dan daerah biasanya beda kebutuhan, User anda adalah pemakai di warnet anda, sudah seharusnya anda mengakomodasi permintaanya bukan? 

Jika banyak anak kecil main di warnet, biasanya mereka mencari game game flash, sediakan saja game game kecil di masing masing komputer.

Jangan lupa utilitas seperti PDF Reader dan arcivher harus di install,, untuk PDF reader saya sarankan memakai FOXIT PDF reader dan archivernya memakai 7ZIP. keduanya free dan ringan.



Yang tidak perlu Di install

IDM download manager dan torrent tidak perlu diinstall karena tool ini benar benar menyedot habis bandwidht anda, pengalaman di lapangan, walaupun sudah di limit menggunakan Bandwidht limiter tetap saja bandwidht kesedot habis dan limit tidak berguna sama sekali.


Dimana mendapatkan aplikasi free diatas?
Ya jelas di websitenya masing masing bro! tapi pastinya report kan? download satu satu dan buka banyak website? nah biar ga report silahkan masuk ke Filehippo.com. disana, semua sofware Windows yang free dan berkualitas tinggal anda comot, dan dipastikan anda mendapat yang terbaru!










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Ciri ciri File Virus

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page

Defraggler: Tool untuk merapikan File di hardisk