Integrasi Google+ di Produk Google

Google+ sejauh ini sudah mempunyai lebih dari 250 Juta pengguna, namun tetap saja Jejaring social ini tampak sepi, itulah mengapa Google berusaha mati matian mempromosikan Google+ dengan cara mengintegrasikan ke Produk dan layanan Google yang lain. Ingin tahu produk apa saja yang sudah terintegrasi Google+.

Google Bar

Google Plus terintegrasi secara mendalam di bawah tampilan Google bar (menu paling atas di Website Google). Saat kita login ke Google, maka anda bisa langsung update dan  melihat notifikasi tanpa harus membuka website Google+.
Google+ terintegrasi disemua produk google, termasuk di Global Menu Google Bar saat anda login ke salah satu layanan google, baik itu GMail, Blogger atau layanan lainnya 

Google Search 

Hasil pencarian Google secara otomatis akan menampilkan tombol share, jika anda klik tombol share untuk memudahkan anda berbagi link dari hasil pencarian ke Google+. Selain itu, anda juga bisa melihat teman kita di Google+ yang memplus atau menshare hasil pencarian yang sama, seperti tampak dibawah ini
Tampilan hasil pencarian Google
GMail

Integrasi Google+ di GMail ada dua yaitu Daftar kontak di GMail sekarang terintegrasi dengan Google+ Circle dan yang terbaru, layanan Video chat di GMail sekarang sudah diganti dengan Google+ hangout. Silahkan login ke GMail anda untuk melihat dua fitur tersebut.

Android 

Sejak versi 4.0 Ice Cream Sandwich Google sudah membenamkan aplikasi Google+ ke dalamnya, termasuk Aplikasi Google+ Messenger. Aplikasi Google+ juga tersedia untuk versi sebelumnya seperti Froyo dan Gingerbread yang bisa di download terpisah.

Aplikasi Google+ tersedia secara default di ICS 

Google Maps 

Salah satu produk berbasis Google Maps yang dulu bernama Google place sekarang menjadi bagian resmi dari Google+ dengan nama baru yaitu Google Local. Google local akan menampilkan Lokasi menarik di sekitar anda. Satu lagi produk berbasis Google Maps yaitu Google Latitude secara otomatis menjadi bagian dari layanan Check In default untuk Google+. Google+ Local sangat bermanfaat saat traveling karena secara otomatis akan menampilkan lokasi rumah makan, hotel, ATM, Pom Bensin dan tempat menarik lainnya 'On the Fly'.

Google Calendar

Google Calendar adalah layanan yang bisa anda gunakan untuk membuat jadwal dan aktivitas anda. Google Calendar terintegrasi dengan Google+ lewat Google+ Event. Saat anda mendapat undangan di Google+ event dan anda menentukan untuk datang, maka secara otomatis, Tanggal dan lokasi event akan ditambahkan di Google Calendar.
Tampilan Google+ event yang secara otomatis ditambahkan ke Google Calendar

Google Chrome Store 

Google Chrome store adalah layanan Google yang menyediakan Thema, ektensi dan aplikasi berbasis web. Sekarang, kita bisa melihat aplikasi web apa yang dipakai oleh teman atau direcomendasikan oleh teman anda
Chrome webstore terintegrasi dengan Google+ Circle 
Blogger
Di Blogger, Google mengintegrasikan Blogger Profile dengan Google+ profile. Dengan cara seperti ini, pembaca blog bisa melihat profile Google+  dari penulis blog tersebut. Bukan hanya itu saja, Setiap kali kita menulis Blog, Secara otomatis ada tawaran apakah artikel yang ditulis akan dishare di Google+ juga.

Picasa  & Picasa Web Album
Picasa adalah editor Photo dari Google. Versi terbaru sudah ada fitur untuk menandai teman anda di Google+ sekaligus  mensharenya. Bukan hanya itu, Album Foto di Google+ juga sudah terintegrasi dengan Picasa Web Album.

Youtube
Youtube tidak ketinggalan dalam hal integrasi ke Google+. pertama dengan menggabungkan Youtube profile dengan Google+, selanjutnya mengintegrasikan Youtube dengan Hangout. Saat kita menggunakan Hangout, kita bisa melihat video youtube secara bersama sama seakan akan kita nonton bareng.

Masih banyak poduk Google yang sudah terintegrasi dengan Google+ yang belum sempat saya bahas. Dari sini bisa ditarik kesimpulan bahwa Google tidak main main dalam membuat Google+. Google+ sekarang dijadikan tempat untuk menyatukan semua layanan Google agar lebih terasa sosial. sudahkan anda mempunyai Google+?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Ciri ciri File Virus

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page

Defraggler: Tool untuk merapikan File di hardisk