Aplikasi Office Gratis untuk Windows

Microsoft office sejak dulu sudah menjadi Raja untuk aplikasi perkantoran. Kombinasi dari Word, Excel dan Powerpoint membuat sistem operasi Windows susah tergantikan. Sebenarnya, apakah memang diluar sana tidak ada Office Yang lain?


Office gratis, Pasti Openoffice kan? 
Jawaban singkatnya :ANDA SALAH! Jika anda melek IT, pasti tahu lah, ada OpenOffice dan LibreOffice di luar sana, keduanya opensource dan tersedia untuk Windows, bahkan keduanya adalah produk free dan open source. Tapi mengapa keduanya tidak bisa menggeser Produk Microsoft office? Analisa saya, karena tampilan dari OpenOffice tidak semudah Windows, memang mirip tapi tetap terasa bedanya. Yang saya alami sendiri, Openoffice terasa berat jika dibuka (makan memori) dan file installernya pun sampai ratusan mega. Yang lebih menyebalkan lagi saat membuka file MS Office (xls,doc,ppt,xlsx,docx,pttx), tampilannya amburadul.

Efeknya, pemakai yang migrasi ke Openoffice harus mengatur ulang dokumennya. Hal yang lebih menyebalkan lagi saat mengkopi pas te sebuah halaman web, hasilnya tambah berantakan dan gambar yang di website tidak ikut di copy, namun cuma di link ke web. Nah ini bener bener bikin frustasi, apalagi pas tidak ada koneksi internet.

Hal lain yang menyebalka di Opensource adalah banyaknya fragmentasi,, dulu semua pengguna open source sepakat memakai OpenOffice, tapi karena SUN Microsystem yang menaungi OpenOffice di Jual ke Oracle, maka muncul produk turunan bernama LibreOffice. Duh, repot kan?


Sebenarnya, selain Open/Libre Office ada solusi lain yaitu Kingsoft Office. Produk ini setelah saya telusuri justru sudah ada sejak 1990-an yang artinya seumuran dengan umur produk Microsoft Office. Produk Kingsoft ada yan Free dan ada yang berbayar. Produk yang free terdiri dari 3 produk yaiu Kingsoft Writer, Spreadsheet dan presentation. Catatan penting: Kingsoft bukan produk turunan dari Open Office.

Nilai plus lain, instaler Kingsoft Office untuk Windows hanya berukuran 46MB, coba bandingkan dengan produk OpenOffice atau MS office. Bukan hanya itu tampilan Kingsoft juga sudah menggunakan Ribbon, namun jika anda tidak suka anda juga bisa mengganti tampilannya menjadi Office klasik.

Kingsoft office selain ringan, juga kompatibel dengan Office dari Microsoft,  termasuk untuk dukungan baca docx,pptx dan xlsx. Saat ini Kingsoft tidak bisa membuat /menyimpan ke format tersebut. Format yang didukung untuk di simpan  adalah doc,ppt dan xls.

Download 
Anda bisa mendownload kingsoft office 2013 free http://www.kingsoftstore.com/kingsoft-office-freeware.html.

Fitur Unik

  1. Mendukung Tab, kamu bisa edit banyak dokumen sekaligus
  2. Konversi ke PDF
  3. Mudah mengatur paragraf (tinggal tarik dan geser)
  4. Mudah mengatur Table.
Tampilan Sreenshoot
Kingsoft Writer

Kingsoft Spreadsheet
Kingsoft Presentations

Selain untuk Windows, Kingsoft juga menyediakan Versi Android, Linux dan sebentar lagi versi iPhone dan iPadnya akan keluar. Jadi kenapa harus bayar kalau ada yang gratis dan berkualitas? 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page

Ciri ciri File Virus

Defraggler: Tool untuk merapikan File di hardisk