Cara Mengamankan Windows dari Virus, Worm dan Adware



Windows adalah OS yang paling banyak pemakainya. Sayangnya OS inilah yang paling diserang oleh Malware (Virus dan Worm) ataupun Adware. Sebelum lebih jauh membahas cara mengamankan Windows, mari kita pahami dulu tiga jenis ancaman diatas. 

Virus: adalah Jenis program komputer yang menginfeksi file exe di Windows dan menular ke file exe yang lain, Virus ini kadang juga menyerang filesystem windows sehingga windows terasa lambat, program error saat di buka atau muncul Blue screen. Target serangan Virus (kebanyakan)  adalah System Windows itu sendiri. 

Worm : adalah jenis Malware yang menyerang jaringan LAN / internet. Ciri cirinya komputer saat bekerja Offline lancar tanpa kendala namun saat terkoneksi internet komputer menjadi lambat, bisa lambat komputernya dan yang paling sering terjadi adalah memperlambat jalur LAN dan Internet. Worm bisa dideteksi dengan menggunakan perintah netstat -n di command Promt. 

Adware adalah segala jenis aplikasi yang saat dipakai menampilkan Iklan. Adware modern saat ini paling sering ditemukan di plugin/ektensi/ add-on browser seperti di chrome atau firefox. Adware ini juga sering memunculkan iklan di desktop tanpa kita minta. Adware ini kadang menyisipkan iklan di halaman web yang kita kunjungi.  Adware ini tidak secara langsung memperlambat komputer (memakan memori), memperlambat loading website (memakan bandwidth) dan yang paling jelas memakan quoata internet anda, apalagi jika anda pake paket internet Seluler 3G/4G. 

Tips menghapus virus. 
Salah satu cara menghapus virus adalah dengan antivirus, sayangnya kita masih fokus pada antivirus pihak ketiga, padahal windows sendiri sudah mempunyai antivirus bawaan di control panelnya. Antivirus itu bernama Windows Defender. Anda cukup mengaktifkan Windows defender dan sering sering mengupdate nya . Kelebihan dari Windows defender adalah program ini sangat ringan karena terintegrasi dengan windows.  Selain itu aktifkan Windows Update agar serangan virus bisa berkurang. 

Tips menghapus Worm 
Untuk Menghapus Worm anda cukup menggunakan Tool dari Microsoft bernama Malicious Software Removal tool.  Dan Untuk pencegahan, pastikan Windows Firewall harus ON baik untuk jaringan Public ataupun private. 

Tips menghapus Adware
Langkah pertama pastikan install CCleaner, di software ini sudah ada fitur untuk menghapus sampah, configurasi error di registry dan menghapus Startup di Windows, Ektensi di Browser dan memonitor cokies. Sepertinya memang perlu tutorial tersendiri untuk CCleaner yang insyaAllah akan dibahas di posting tersendiri. 

Setelah itu baru install program Adwcleaner untuk menghapus adware yang ada di sistem. Panduan rinci akan saya bahas di posting lain. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page