Kumpulan Tool PDF Online

Salah satu format file dokumen yang paling populer adalah PDF. Format ini merupakan format yang menekankan bahwa tampilan yang ada di Layar komputer akan sama jika dokumen tersebut dicetak. Makanya format PDF dijadikan standar pertukaran dokumen di internet. Sayangnya Sekali PDF di buat, tidak mudah untuk melakukan perubahan isinya kecuali anda membeli software berlisensi seperti Adobe Acrobat.

Untungnya saat ini ada tool online untuk melakukan berbagai operasi PDF seperti mengkonversi, mengkompress atau mengamankan file PDF. Tool ini tersedia di satu website bernama smallpdf.com.

Fitur lengkap dari Smallpdf.com bisa anda lihat digambar dibawah ini.

Jenis layanan yang disediakan smallpdf

Layanan Smallpdf ini kita bisa bagi menjadi 4 kategori yaitu  kompresi PDF, Konversi ke PDF, Konversi PDF ke format lain, Editing PDF dan Keamanan.

CompressPDF 

Tool ini dpakai jika anda ingin memperkecil dokumen PDF anda.

demo compress PDF 

PDF Converter

dipakai untuk mengkonversi dokumen office atau gambar ke PDF. Format yang didukung adalah format Microsoft Word, Excel, Powerpoint, jpg, bmp, tiff dan png.

demo konversi dari file Office atau gambar ke PDF

Konversi PDF ke format Lain

Fitur ini digunakan untuk mengkonversi dokumen PDF ke format lain. Fitur ini merupakan kebalikan dari fitur PDF converter. Layanan didukung adalah PDF to jpg, PDF to Word, PDF to Excel, PDF to PPT.

Editing PDF 

Untuk saat ini, editing PDF ada 4 fitur yaitu Split PDF untuk memecah dokumen PDF (atau untuk mengambil satu halaman saja dari file pdf), Merge PDF (mengabungkan beberapa PDF menjadi satu), Edit PDF (menambah text atau gambar ke file PDF dan Rotate PDF untuk merotasi dokumen PDF.

Fitur Keamanan

Ada 3 fitur disini yaitu e-signature yaitu menambahkan tanda tangan anda kedalam dokumen PDF, Unlock PDF membuang password PDF dan Protect PDF untuk menambahkan password ke file PDF.

Dengan semua fitur diatas, saya yakin lebih dari cukup untuk mengelola dokumen anda. Kerennya lagi Anda juga mengkonversi dokumen yang tersimpan di Dropbox atau Google Drive.

Kekurangan dari Layanan online ini adalah anda hanya boleh memanfaatkan 2 layanan dalam satu jam. Misalkan anda sudah melakukan konversi dokumen 2 kali, maka anda harus menunggu satu jam agar bisa memakainya lagi. 

Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya caranya gampang, buka saja lagi website smallpdf.com di browser lain atau buka lagi di mode Private browsing / Igcognito Mode, maka limit 2 dokumen perjam tersebut hilang :D.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Cara Blokir Seseorang di Facebook Page