Keunggulan dan Kekurangan Marketplace Facebook

Awal Bulan ini, Facebook menambahkan sebuah ikon dibawah Messenger bernama Marketplace. Marketplace ini mirip dengan yang ada di toko online seperti tokopedia, bukalapak dan sebagainya. Perbedaan mendasarnya kita tidak perlu membuat akun. Selain itu kita bisa menjadi penjual atau pembeli tanpa akun terpisah. 

Sebelum Marketplace, Biasanya para pengguna Facebook akan menggunakan timelinenya untuk promosi, membuat facebook page dan atau mempostingnya di group jual beli yang ada di facebook. Mari kita analisa kekurangan dair masing masing cara diatas. 

Perbandingan Metode Promosi produk di facebook dan kekurangannya
  • Menggunakan Timeline Update status, kekurangan utama adalah hanya kawan kawan kita saja yang bisa melihatnya. 
  • Menggunakan facebook page. Hanya Follower dari page tersebut yang melihat produk kita kecuali Produk tersebut di iklankan. 
  • Facebook Group seluruh anggota grup bisa melihatnya namun akan tertimbun dengan postingan baru diatasnya. Selain itu group juga tidak bisa mengelompokan produk berdasarkan kategorinya, lokasi penjual dan pengelompokan berdasarkan harganya. Dari sinilah facebook memunculkan Facebook Marketplace. 


Tampilan Facebook Marketplace bisa di lihat dibawah ini . 

Tampilan dari Marketplace facebook 
Cara Akses

Untuk mengakses menu marketplace, anda bisa akses ke http://www.facebook.com/marketplace atau klik saja tombol marketplace di menu bawah Messenger. 

Berikut Ini adalah keunggulan dari Facebook Marketplace
  1. Tidak perlu membuat akun seperti di marketplace lain. Cukup login ke facebook anda bisa jadi penjual atau pembeli
  2. Adanya filter produk berdasarkan Kota dan radius maksimal dari tengah kota. Misalkan saya di kota cilacap, maka saya bisa atur berapa Km penjual yang menjual produk tertentu. 
  3. BIsa di filter berdasarkan Harga 
  4. Fitur komunikasi antara penjual dan pembeli 
  5.  Sudah di kelompokan berdasarkan kategori seperti Home, Electronik dan sebagainya, bahkan untuk kategori Alat Transportasi seperti Mobil atau motor, ada filter lanjutan seperti 

Berikut ini adalah tampilan filter produk yang di jual dalam transportasi (mobil dan motor)
Filter untuk kendaraan terdiri dari 
  1. Harga Dari harga terkecil ke yang terbesar 
  2. Lokasi (Kota /Daerah) dan radiusnya 
  3. Detail kendaraan termasuk type kendaraan, pembuat dan modelnya 
  4. Tahun pembuatan 
  5. Km penggunaan 
  6. Di jual oleh pemilik pribadi atau dealer 
  7. jenis transmisi 
Kekurangan Facebook Marketplace 
Kekurangan saat ini dari Marketplace adalah masih sedikitnya produk yang ada mengingat fitur ini baru di kenalkan oleh facebook. 

Kekurangan yang lain, kita belum bisa melakukan sistem pembayaran yang terintegrasi. Saat ini Marketplace di facebook lebih tepat mirip katalog online. Namun saya yakin kedepannya facebook akan mengintegrasikan dengan pembayaran online baik menggunakan Kredit Facebook atau transfer antar bank. 

Hal kedua yang nampak saat ini adalah penjual tidak menuliskan harga dengan benar misal harga HP Rp.1000, harga tanah Rp 1.234 dan sebagainya, maka untuk melihat harga aslinya kita harus komunikasi dengan penjualnya. 

Facebook sadar bahwa setelah era Sosial media adalah era eCommerce dan orang menginginkan kemudahan dalam membeli atau menjual produk di dalam Facebook tanpa harus menginstall aplikasi tambahan atau membuka halaman Marketplace yang artinya user akan keluar dari halaman facebook. 

Jika Marketplace ini sukses, maka Facebook bisa menjadi Marketplace terbesar di Indonesia bahkan didunia, bahkan bisa mengalahkan toko online yang sudah mapan seperti Shopee dan tokopedia. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menurunkan Suhu Prosesor dan Motherboard

Cara Mereset Handphone Nokia N70

Ciri ciri File Virus